TUGAS
KEWIRAUSAHAAN
BUSINESS PLAN
KUE KERING “YUMMY”
OLEH :
RISTI YULIANA FRISWANTI
NIM. 11 651 035
Dosen Pengampu :
H. Mat Juri, S.E., M.M.
AKUNTANSI MANAJERIAL
POLITEKNIK NEGERI SAMARINDA
TAHUN 2014
BAB
I
PENDAHULUAN
Pada saat ini tantangan dan hambatan yang dihadapi
dalam dunia usaha semakin besar. Salah satunya kegiatan yang pesat
perkembanganya adalah kegiatan jual-beli (dagang) khususnya dalam bidang usaha
makanan. Persaingan terjadi semakin ketat hal ini ditandai dengan banyaknya
usaha dagang yang menerapkan berbagai strategi untuk mempertahankan
kelangsungan usahanya. Salah satu bentuk usaha dagang yang masih bertahan di
tengah persaingan usaha dagang yakni usaha dalam penjualan makanan khususnya
kue basah dan kue kering
Usaha ini bermula dari keinginan kami untuk menjadi seorang pengusaha dan
mempunyai pendapatan pribadi. Selain itu kami juga menyukai makanan-makanan
yang akan kami produksi ini. Sehingga jika kami membuat makanan tersebut kami
bisa membuat selera yang kami inginkan dan juga bisa memperkecil pengeluaran. Makanan-makanan
yang akan kami produksi ini sudah tidak asing bagi masyarakat umum sehingga
memudahkan kami untuk mempromosikan atau mengenalkan produk kami kepada
masyarakat.
Selama ini masih banyak orang yang berfikiran bahwa
kue kering adalah salah satu jenis sajian yang hanya ada pada saat hari raya
dan acara-acara khusus lainnya. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika melihat
sebagian kalangan masyarakat menganggap bahwa usaha kue kering itu sebagai
usaha yang musiman. Karena sifatnya musiman maka usaha kue kering tidak dapat
dijadikan sebagai sumber mata pencaharian yang bisa diandalkan setiap tahunnya.
Bukan rahasia lagi, jika bisnis kue memang paling mendulang di saat hari raya
besar. Tetapi jika kita tidak dapat mencermati dan memanfaatkan setiap peluang
usaha yang ada, sekecil apapun usaha itu maka usaha kue kering dapat dijalankan
setiap hari. Dengan adanya kreativitas dari kita maka usaha yang akan kita
kembangkan tidak akan sia-sia dan akan terus maju mengikuti perkembangan zaman
BAB
II
BUSINESS
PLAN
A.
Visi dan Misi
a.
Visi
Menciptakan usaha
sampingan terbaik dan membentuk jiwa kemandirian
b.
Misi
- Memberikan kemudahan
dalam melayani kebutuhan kue kering.
- Menciptakan lapangan
pekerjaan.
- Membangun semangat
enterprenuer / berwirausaha.
- Menbangun
kemandirian mahasiswa dalam menghadapi tantangan global.
- Terciptanya ekononi
bersama yang mandiri.
- Terbentuknya usaha sampingan terbaik yang mengedepankan pelayanan,
kenikmatan dan keberkahan
B.
Identifikasi Usaha
·
Nama
Usaha : Toko Kue “YUMMY”
·
Pemilik
Usaha : Risti Yuliana Friswanti
· Alamat Usaha :
Blora, Jawa Tengah
· Contact Person 08xxxxxxxxxx
C.
Ruang Lingkup Usaha
Usaha ini termasuk usaha
kecil yang akan di jual di daerah Jawa namun seiring berjalannya waktu bisa
menjadi usaha besar karena kalangan manapun bisa menikmati produk kue kering
ini terutama pada saat hari raya lebaran.
BAB
III
ANALISIS
USAHA
A. ANALISIS USAHA
Usaha kami
bergerak dalam bidang pembuatan kue kering karena saya termasuk orang yang
senang dalam membuat kue apalagi kue kering yang saya buat merupakan kue yang
berbahan dasar jahe, karena di Indonesia tanaman Jahe bisa kita jumpai dengan
mudah dan Jahe juga mempunyai khasiat yang baik bagi tubuh, jadi kami sepakat
untuk mengolah Jahe sebagai bahan bakunya biskuit jahe lapis coklat. Di toko kami
tidak hanya menyediakan biskuit jahe saja tetapi juga banyak terdapat varian
kue kering dan kue basah yang kami sediakan.
Awal dibentuknya usaha ini karena
kami dapat melihat minat masyarakat akan kue kering dengan harga terjangkau.
B. Keistimewaan
Produk
1. Tempat produksinya yang bersih dan higienis jauh
dari kuman
2. Banyaknya varian produk kue dan rasa
yang disajikan
3. Harga relatif terjangkau oleh semua
kalangan baik kalangan atas ataupun kalangan menengah
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A. Jenis
usaha
Jenis usaha
berupa usaha rumahan yang menjual kue kering dan kue basah yang lezat dan
bergizi dan disajikan dengan berbagai jenis, di antaranya yaitu :
1. Kue
Kastengel Keju
2. Kue Kering
Brownis
3. Kue Jahe
Lapis Coklat
4. Kue Nastar
5. Kue Kacang
6. Kue Putri
Salju
7. Kue coklat
B.Prospek Usaha
Usaha ini merupakan usaha menengah, kalangan manapun tahu
dengan produk kue kering ini. Dalam usaha ini tidak memerlukan banyak orang
karena usaha ini masih kecil-kecilan. Dan juga tidak membutuhkan orang yang memiliki
keahlian khusus atau juru masak, akan tetapi dibutuhkan sikap tekun, ulet,
sabar, dan kerja keras.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
Bahan yang
Dibutuhkan Bahan dasar
Bahan Baku:
- 200 gr mentega
- 150 gr gula
halus
- ½ sdt vanili bubuk
- 1 kuning telur
- 1 sdm jahe parut
Bahan ayak
- 300 gr tepung terigu protein sedang Bahan
cokelat oles
- 200 gr dark cooking coklat, lelehkan
- 1 sdt mentega tawar
- 75 ml susu cream
Cara Produksi
-
Kocok mentega, gula halus, vanili bubuk, kuning telur, dan jahe parut hingga
lembut, lalu masukkan tepung terigu, kemudian aduk rata. - Masukkan adonan ke
dalam kantong semprot segitiga, beri cetakan bintang di ujungnya. Sempritkan
bentuk bunga. - Panggang dalam oven bersuhu ±1300 Celcius hingga matang kuning
kecoklatan kurang lebih 25 menit. Lalu angkat. - Dinginkan. Oles bagian bawah
kue dengan coklat oles lalu gabungkan dengan kue yang lain. Segera masukkan ke
dalam toples mika plastic.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A. Analisis
Persaingan Usaha
Setiap
kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau
pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1. Strength
(kekuatan)
Kekuatan produk Kue Kering ini ialah
:
Potensi
lain yang dimiliki oleh usaha Kue Kering ini yaitu penjualan Kue
Kering dari bahan dasar Jahe masih jarang sehingga masih besar kemungkinan
usaha ini untuk menjadi usaha yang cukup besar, bahan produk
yang terjamin sehat dan higienis, mempunyai ciri khas tampilan dan rasa yang
berbeda dengan usaha Kue Kering yang lainnya yaitu rasa yang
bervariasi serta harga yang
cukup terjangkau
2. Weakness
(kelemahan)
produknya
mudah ditiru, Pelanggan yang tidak tetap (khusus mahasiswa) yang setiap
tahunnya selalu berganti.
3. Oppurtinity
(peluang)
Selain rasanya yang enak dan harganya yang ekonomis banyak masyarakat lainnya
yang berminat memesan kue di toko kami
4. Threath (ancaman)
- Banyaknya
Saingan yang namanya sudah lebih melambung.
-Modal yang
selalu berubah pada waktu-waktu tertentu akibat kebijakan ekonomi pemerintah, menyebabkan
harga berubah.
-Perubahan
selera konsumen.
- Keadaan
alam yang tidak dapat diperkirakan.
- Harga bahan pokok sering berubah, sehingga
laba atau keuntungan yang didapat tidak tetap.
B. Analisis
4P
1. Product
Brand : Toko
Kue “Yummy”
Quality :
Tanpa bahan pengawet
Packing : Toples Mika Plastik
2. Price
Untuk harga awal, kue kering dijual langsung kepada
konsumen dengan harga Rp 10.000 per Toples
3. Promotion
a. Personal Selling : Pemasaran awal
produk kami melalui kantin sekolah, kantin kantor, supermarket kemudian terus
berkembang.
b. Media Online : memasarkan produk
melalui toko online
c. Penjualan kue ini juga di promosikan dengan cara memberikan bonus kepada
para pembeli yang membeli di atas harga Rp. 100.000
4. Place
Tempat yang dipilih yaitu di Jl.Punggursugih. Tepatnya di pinggir jalan
raya dan dekat sekolah karena letaknya yang cukup strategis dan mudah dijangkau
masyarakat (konsumen).
C. Target Dan Segmentasi Pasar
1. Geografi
Wilayah yang kita jadikan target yaitu wilayah Jawa,
alasan memilih wilayah ini karena bahan-bahan untuk membuat produk ini sangat
mudah ditemukan dikota ini dan juga belum ada yang menjual kue kering di
wilayah ini.
2. Demografi
Berdasarkan demografi, secara pasar kami bertuju pada
kalangan siswa, masyarakat dan lingkungan sekitar perumahan dan dipinggiran
jalan dengan membuka toko kue kering untuk mempermudah kami memperoleh
informasi pasar.
D. Strategi Pemasaran
1. Perkenalan Bisnis
Produk yang
kami tawarkan merupakan makanan yang lezat, bergizi, dan menyehatkan dengan
harga yang terjangkau dengan bentuk dan jenis kue yang bermacam-macam. Produk
ini bernama “Biskuit Jahe lapis coklat” yaitu kue kering yang bahan dasarnya
menggunakan Jahe dan dilapisi coklat. Selain biskuit jahe lapis coklat, toko
kami juga menyediakan berbagai macam kue kering yang enak tentunya.
2. Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat
mendukung bisnis
Memiliki
produk kue kering berbahan baku seperti terigu, telur, mentega, baking powder,
garam, gula pasir dan coklat. Oleh karena itu Biskuit jahe lapis coklat berniat
bekerja sama kepada perusahaan-perusahaan yang menyediakan produk kue kering
demi meningkatkan kualitas produk.
3. Menciptakan
inovasi pada desain yang ditawarkan.
Toko kami menyediakan berbagai macam kue kering
Produk kue kering kali ini yang
pertama yaitu kue kering dengan bahan dasar jahe dengan lapisan coklat coklat
dan rasa yang dapat disesuaikan.
4. Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan
website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh
Toko Kue “yummy”.
5. Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami
melalui media social seperti facebook dan twitter serta face to face
BAB VII
RENCANA
PERMODALAN
A. Biaya Awal
B.
Harga
Per unit
Harga
jual 1 Toples Kue Kering Rp 10.000
Target
penjualan Kue Kering per hari adalah
Toples.
C. Modal Awal
Total Biaya Awal = Rp 629.500 + Rp 12.352.500 = Rp 12.982.000
D. Analisis Keuntungan
Waktu berjualan yaitu hari senin
s/d minggu. Berikut rinciannya :
-
Pendapatan Harian = Rp 10.000 x15 Toples
= Rp 150.000
-
Pendapatan bulanan = Rp 150.000 x 30 hari
= 4.500.000
Jika
diasumsikan
penjualan 1 tahun konstan, maka:
-
Pendapatan yang akan dicapai = Rp
4.500.000 x 12 = Rp 54.000.000
-
Dan dengan biaya produksi = Rp .629.500 x 12 = Rp 7.554.000
Maka laba kotor yang akan
dicapai dalam 1 tahun
Rp 54.000.000 – Rp
7.554.000 = Rp 46.446.000
E.
Pengembalian
Modal
Total
modal awal : keuntungan per bulan = Rp 12.982.000 : Rp 4.500.000 = 2 bulan 7
Hari
BAB
VIII
RENCANA
ORGANISASI
Rencana Organisasi
terdiri dari pemilik dan satu pegawai yang melayani para konsumen.
BAB
IX
RESIKO
Resiko yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu
mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki kualitas rendah atau rusak
karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada kualitas produk yang
dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk Toko Kue
“yummy”.
BAB
X
PENUTUP
A. Kesimpulan
Usaha
Toko Kue “yummy” ini termasuk usaha yang
cukup menjanjikan karena memiliki peluang bisnis yang menjanjikan memperoleh
keuntungan yang tinggi dengan berbagai macam rasa dan bentuk yang dapat
disesuaikan dengan selera konsumen. namun semua itu juga harus disertai
dengan kemampuan membaca peluang yang baik dan managemen yang baik,dan yakinkan
bahwa bisnis apapun yang anda lakukan dapat bersaing dan berkembang sesuai
harapan.
B. Saran
Agar tidak menimbulkan kegagalan
usaha di tengah jalan, seorang wirausaha harus memiliki rencana dan
memperhatikan secara maksimal rencana tersebut agar usaha berkembang dengan
cepat serta tetap menjaga kualitas dan berinovasi untuk menarik para konsumen
membeli produk tersebut.
KUNJUNGI TIPS JUALAN ONLINE DI MEDIA INTERNET
BalasHapushttp://bit.ly/1XP9gnh
Terima kasih, semoga wirausahaan2 di Indonesia semakin tumbuh..
BalasHapusterimaksih, saya pakai konsep nya ya untuk tugas kuliah :)
BalasHapusterimakasih ijin copy yah
BalasHapusassalamu'alaikum izin copy yah kak tapi nggak jeplak kok cuma sebagai referensi saja terimakassih banyak...
BalasHapusLuar semoga selalu lancar usahanya
BalasHapusKak utk biaya awal gambarnya kok ga ada ya
BalasHapuswkwkwk ini dari 2021 tapi saflok latar belakangnnya primadona pada masanya
BalasHapusTerima kasih banyak kakak2
BalasHapusCasino.org - Dr. MD
BalasHapusCasino.org 충주 출장마사지 provides 계룡 출장마사지 gaming 과천 출장안마 assistance and information for the 하남 출장안마 local and tribal governments and communities around the country. Established 안성 출장안마 in 1999, the casino License: 8.33/2019Location: 3131 South Ave